Sabtu, 05 Maret 2011

MANFAAT PENSIUN DINI

Suatu Perusahaan yang mengalami penurunan keuntungan Finansial ataupun Kepercayaan, yang diakibatkan dari bermacam-macam sebab, antara lainnya terjadi penurunan harga-harga jual hasil Produksi atau tidak bisa lagi untuk mempercepat hasil produksinya.
Juga disebabkan dari berobahnya pola perdagangan dari sebelumnya dengan Pola mendapatkan keuntungan/laba yang sebesar-besarnya menjadi Pola mendapatkan Laba yang sebanyak-banyaknya, disamping terjadinya kesalahan Management secara Kolektip; masalah ini sering terjadi pada perusahaan dengan modal usaha bukan Milik Pribadi. Penjelasan kesalahan kolektip adalah mereka sering membandingkan penghasilan dan posisi yang didapatkan tetapi dia tidak mau membandingkan bagaimana cara bekerjanya pekerja-pekerja pada perusahaan dengan modal secara Pribadi/Swasta. Dengan bahasa pasarannya, mereka berusaha untuk menaikan penghasilan tetapi disisi yang lain mereka tidak merasa betanggung jawab untuk bekerja lebih giat dan lebih bersemangat, karena tanpa disadari mereka tidak mau berfikir bagaimana kalau perusahaanya mengalami kerugian, bahkan tidak jarang mereka selalu mencari bermacam alasan, supaya bisa menutupi kelemahannya.
PENSIUN DINI,merupakan pilihan yang sering dipakai oleh suatu perusahaan untuk mengatasi masalah tersebut. Pensiun Dini pilihan yang mengandung Resiko yang tergolong Aman.
Alasannya, untuk penyegaran dan bisa pula sebagai peremajaan; diibaratkan seperti tanaman yang sudah kurang produktip atau suatu methode untuk menyeimbangkan perobahan system perolehan laba perdagangan diatas. Lebih jelasnya harga jual hasil produksi cenderung menurun disebabkan ketatnya kompetisi dan maraknya efisiensi dalam system produksi.
Pada umumnya seorang pekerja kalau sudah terlalu lama bekerja disuatu tempat dan dia tidak mau memperhatikan dunia pekerjaan disekelilingnya, seringnya hanya mambandingkan dengan lingkungan dalam kelompoknya tanpa mau memperhatikan bagaimana pekerja-pekerja yang bekerja pada tempat yang lain. Dengan lain perkataan dia hanya berhitung secara Logika saja dan tidak melihat bagaimana pekerja pada tempat yang berbeda dengan profesi yang sama, tetapi sudah terbiasa menghadapi dunia pekerjaan dalam lingkungan kompetisi yang ketat.
Walaupun sesungguhnya pekerja tersebut masih sangat produktif, jadi salah satu cara untuk membangkitkan Mentalnya alangkah lebih baiknya dia mengambil Pensiun Dini yang ditawarkan oleh Perusahaan tempat pekerja tersebut bekerja. Daripada bertahan terus yang dapat berakibat bertambah parahnya kondisi perusahaan yang berakibat pula merugi bagi pekerja-pekerja-nya sendiri.
Manfaat bagi perusahaan mempunyai kesempatan untuk merobah System produksi yang cepat dengan pekerja yang lebih bersemangat, dengan hasilnya yang lebih banyak. Jadi dengan hasil produksi yang banyak dan efisien tentunya akan mendapatkan keuntungan yang banyak pula, dan pola inilah yang sudah banyak dilakukan oleh perusahaan pada Era sekarang ini. Tegasnya jangan lagi berharap tiap satuan hasil produksi dapat dijual dengan harga yang tinggi atau besar. Pada umumnya sekarang ini Perusahaan, yang terpenting bagaimana menjaga pelanggan agar terus menerus mau memakai hasil produksi yang dihasilkannya. Bahasa yang simpelnya, pertahankan kesainambungan perusahaan sembari mencari kesempatan-kesempatan yang akan datang yang lebih baik.
Manfaat bagi pekerja yang merasa sudah menurun Mentalnya tersebut dapat merasakan bagaimana perjuangan pekerja pada tempat yang berbeda dengan profesi yang sama dan sudah terbiasa menghadapi kompetisi yang ketat dan dengan penghasilan yang kadang-kadang jauh dibawah penghasilan yang didapatkanya.
Boleh jadi pekerja tersebut dapat pula kembali keperusahaan yang ditinggalnya, meskipun dengan status yang berbeda dan dengan penghasilan yang lebih kecil dari sebelumnya. Tetapi secara tidak langsung pekerja tersebut sudah membantu kondisi perusahaan yang bermasalah itu. Dan pekerja tersebut, dengan pengalaman yang diperolehnya akan sangat bermanfaat untuk perusahaan,juga bermanfaat bagi pekerja itu sendiri.
Tulisan ini dibuat berdasarkan dari banyak perusahaan, juga dari banyak pekerja yang mengalami kondisi yang serupa. Semoga ada manfaatnya bagi kita para pekerja, agar bisa meraih hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar