Selasa, 07 Desember 2010

WHISTLEBLOWER


WHISTLEBLOWER, kata ini kalau diartikan secara bebas bisa saja berarti  Peniup Peluit ataupun Tukang Bersiul, akan tetapi kata Whistleblower yang dimaksud disini adalah kata yang merupakan suatu symbol atau motto yang isi berita didalamnya berhubungan dengan masalah-masalah yang dapat berakibat terganggunya hubungan beberapa Negara.  Sudah pasti berakibat runyam banyak Negara, terutama bagi Negara-negara terkait dengan hal-hal yang diungkapkan didalamnya dan dipublikasikan secara terbuka dan secara bebas pula.
Http://wikileaks.org, adalah sebuah Situs atau Website yang hadir sejak tahun 2007, merupakan  bagian dari proyek The Sunshine Press dan didirikan oleh seseorang yang bernama Julian Assange, mantan seorang hacker berasal dari Australia.
Situs ini menyediakan system Upload secara Online yang dianggap aman bagi para Whistleblower seluruh dunia untuk membagi “berita”nya yang kemudian akan di Publikasikan secara terbuka keseluruh penjuru dunia oleh situs Wikileaks. Sudah tentu dan  pasti berakibat runyam seperti yang digambarkan diatas tadi. Terlepas dari “beritanya” benar ataupun tidak benar, direkayasa ataupun tidak direkayasa.
Di era internet seperti sekarang ini kebebasan terbuka lebar. Meskipun individu tidak memiliki kemampuan jurnalistik formal, dia dapat berkontribusi memberikan berita, baik berupa foto, video, maupun dalam bentuk tulisan. Situs Wikileaks adalah salah satu model media online yang dikelola secara independen. Memang harus diakui, kemunculan situs seperti Wikileaks tersebut, diibaratkan sebuah koin yang memiliki dua sisi mata uang.
Yang terpenting dari akibat terdapatnya kemudahan pada era yang menempitnya ruang dan waktu [ era globalisasi ], bagaimana kita beruasaha untuk memilah segala sesuatu supaya tidak menjadikan dunia ini semakin cepat tua dan rapuh.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar