Jumat, 12 Maret 2010

ROSMADI SI PEKERJA


Sebagai pengantar, sebelum membuat POSTING-POSTING selanjutnya, terlebih dahulu  akan membuka ingatan saya, tentang riwayat pekerjaan sampai dengan sekarang [ tulisan ini terselesaikan  pada januari 2010 ].
Nama sampai sekarang ; ROSMADI [ pria ],  anaknya Bapak ACHMAN [alm], usia sudah diatas 55thn.
Pendidikan formal ;  Sekolah Tehnik Menengah jurusan Mesin Umum, tamatan thn 1974, di Pangkalpinang, Bangka, provinsi Babel, Negara REPUBLIK INDINESIA .
 Bekerja di Industri Pesawat Terbang [ Di INDONESIA ], sebagai operator mesin produksi, CNC ACT4 LATHE mesin, dengan status tenaga Kontrak.
Motifasi saya membuat BLOG ini, sebagai Memperkaya semangat kerja, juga ada keinginan membagi pengalaman- pengalaman kerja, yang tidak baik maupun yang baik, tentunya menurut pemahaman saya.
Pertama mulai bekerja pada usia sekitar 10-11 thn, di pengolahan getah karet menjadi lembaran karet basah, di kampung kelahiran saya , kampung Teru [ 13 km dari kota Pangkalpinang, Bangka, provinsi Bangka Belitung, INDONESIA ].
Setelah tinggal di Pangkalpinang [ sejak kelas IV SR ] , sepulang sekolah sering berjualan kue [ jajanan ringan ] berkeliling kampung , dengan cara dijunjung diatas kepala , menggunakan wadah yang disebut dulang [ nyiru yang dianyam dari kulit bambu ] yang ditutup tudung saji [ bahasa setempat ], dengan mendapat upah 20% dari harga jual penganan tsb.
Setelah duduk di bangku Sekolah Tehnik Pertama sampai Sekolah Tehnik Menengah Atas , pada waktu libur sekolah , ikut bekerja menyadap getah karet bersama Bibi [ saudari perempuan dari Ibu ] di Kp.Teru.
Pada liburan sekolah yang agak panjang [ libur kuartal ], bekerja pada instansi penghijauan hutan lindung di Kp. Teru.
Tahun tahun terakhir duduk dibangku sekolah di Sekolah Tehnik Menengah Negeri Pangkalpinang, Bangka, Babel, Indonesia. Ikut serta  bekerja ditempat pembuatan korsi dari bahan rotan manau.
Tahun 1974 lulus STM, dengan predikat siswa terbaik dari jurusan Mesin Umum.
Setammatnya sekolah, kerja pada kontraktor pembangunan perumahan dan perkantoran, sebagai pembantu tukang.
Selanjutnya kerja di bengkel mobil “ HARAPAN “, bertempat di Jl, Sungai Selan Pangkalpinang,Bangka. Pemilik bengkel tersebut bernama Mhd.ALI [ seorang mantan ABRI ], yang selanjutnya saya menganggap sebagai seorang Kakek juga seorang Guru, sesungguhnya dari beliau lah banyak prinsip prinsip dasar dalam berkerja yang saya dapati dan prinsip prinsip tersebut banyak sekali kegunaannya, bahkan sampai sekarang masih tetap  maching, walaupun sudah lebih dari 30 tahun yang lampau.
Dalam masa itupula pernah mencoba mengadu untung ke kota Jakarta dan hasilnya yang didapat, bagaimana berat dan kerasnya hidup di Ibukota Negara, yang paling tepatnya seperti gelandangan. Masa ini ada sekitar 4 bulanan.
Sepulang dari Jakarta, masih tetap kerja di bengkel mobil, ditambah kerja di pertambangan Timah Bangka, lokasi di Parit 17 [ tambang darat, tempat Desa Simpang Katis, sekitar 20 km dari Pangkalpinang ], selama 6 bulan, sebagai tenaga kerja kontrak lepas. Dan masih pada masa masa itu juga pernah menjadi Petani Sayuran, bertempat di desa Pasir Garam, kelurahan Terak [ sekitar 10 km dari Pangkalpinang ].
Pengalaman lainnya pernah mengikuti pelatihan untuk tenaga kerja ke Timur Tengah [ materi pelatihan terdiri dari; Dasar Meliter di Palembang Sumatera Selatan dan pelatihan kejuruan di BLKI, bertempat di Medan, Sumatera Utara ].
Pernah bekerja sebagai tenaga penyemprotan pembasmian nyamuk di Bandung [Jawa Barat ] pada awal tahun 1982.
Kemudian pernah pula bekerja dipabrik pembuatan kantong dari bahan plastik berlokasi di- Jl. Cijerah no 21, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Dengan catatan selama kerja pabrik plastik tersebut, sesungguhnya telah mulai  kerja PT. NURTANIO Bandung.
 Keaadan  seperi itu terpaksa harus dilakukan, karena pada waktu tersebut  masih belum lama tinggal di Bandung, sedang family tidak punya dan belum punya tempat tinggal, jadi pabrik plastik tersebut sekaligus sebagai tempat tinggal. Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Mandor di pabrik plastik tersebut, karena telah memberikan keringanan untuk semuanya itu  
Sejak bulan Juni 1982, bekerja di PT INDUSTRI PESAWAT TERBANG di Bandung, Jawa Barat, INDONESIA, masih aktif sampai sekarang [ thn 2010 ]. Dengan skill terak-aktual  sebagai operator mesin produksi, jenis ACT 4, Horizontal Latch C N C.
Kemampuan skill yang di punyai, operator Fitter Tool Special, operator Fitter Finishing Part, operator Mesin TNC Horizontal Milling dan sedikit Proggramnya, termasuk juga sedikit  Programer Mesin Horizontal Latch CNC.  Dengan penjelasan, semua bidang skill di perusahaan ini sudah dilengkapi dengan Sertifikasi.
Motifasi yang belum dapat di robah sampai saat ini, belum bisa merobah sikap, untuk tidak meneruskan profesi yang puluhan tahun telah terbentuk selama ini;  Dengan lain perkataan akan mempertahankan profesi yang di punyai sekarang dengan segala kemampuan yang terbaik, tentunya ini masih merupakan suatu hasrat hati, tetapi segala sesuatu hanya berserah diri kehadrat Yang Maha Esa.
Ungkapan orang Bijak lagi Pandai, yang baik harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
  
Cimahi,Jawa Barat,INDONESIA. 
ROSMADI  BIN  ACHMAN.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar