Sabtu, 27 November 2010

PERBEDAAN ADWARE, SPYWARE DAN VIRUS.


Adware, spyware dan berbagai virus komputer terdapat beberapa kesamaan, salah satunya adalah bahwa ketiganya merupakan gangguan utama bagi pengguna komputer. Mari kita melihat perbedaan ketiganya.
Spyware adalah perangkat lunak yang tidak sengaja membahayakan komputer Anda. Apa yang mereka lakukan adalah bahwa mereka menciptakan jalur-jalur dimana orang lain selain dari pemilik komputer dapat berkomunikasi dengan komputer. Biasanya spyware merekam berbagai jenis situs web yang Anda kunjungi yang kemudian digunakan oleh pengiklan web untuk memungkinkan mereka untuk mengirimkan email yang tidak diinginkan dan pop-up.
Inilah sebabnya mengapa spyware biasanya
tidak disukai dan sangat dihindari. Mereka lebih mengganggu dari adware. Spyware memiliki program mereka sendiri executable terpisah yang memungkinkan mereka untuk merekam penekanan tombol keyboard computer Anda, juga men-scan file pada hard disk Anda dan melihat aplikasi lain yang Anda gunakan termasuk tidak terbatas pada program chatting, cookie dan pengaturan browser Web.
Spyware kemudian akan mengirimkan informasi yang telah terkumpul untuk dikirim kepenulis spyware. Agen kemudian akan menggunakan informasi ini untuk tujuan periklanan dan pemasaran. Mereka bahkan menjual informasi kepada pengiklan dan pihak lain.
Adware, di sisi lain,
dengan bentuk yang lebih sahih dari freeware. Mirip dengan spyware, adwares adalah iklan bahan yang dikemas ke dalam perangkat lunak atau program dan diinstal secara otomatis kedalam program atau software tertentu ditambahkan ke dalam sistem komputer. Beberapa bentuk adware, antara lain, isi iklan download sebagai aplikasi tertentu yang sedang digunakan. Hal ini sangat dikuatirkan bahwa sebagian besar program adware mengambil bentuk spyware yang mereka lacak dan melaporkan informasi yang didapat kepada penulis program.
Beberapa tanda-tanda infeksi spyware termasuk iklan pop-up yang tampaknya tidak berhubungan dengan situs yang sedang Anda lihat. Lebih sering daripada tidak, spyware pop-up iklan tentang isi
untuk orang dewasa. Juga jika Anda melihat komputer Anda melambat, ada kemungkinan besar terdapat spyware dan komponen lainnya mereka telah menemukan cara dalam sistem operasi computer Anda. Ketika desktop Windows juga membutuhkan waktu lebih lama untuk loading, yang terbaik untuk melakukan memindaian terhadap komputer Anda untuk infeksi spyware tersebut. 
Sementara itu, virus adalah bentuk
yang merusak perangkat lunak komputer. Mereka murni dirancang dan dibuat untuk satu tujuan saja: untuk membuat malapetaka ke komputer Anda. Mereka menghancurkan apa pun yang mereka dapatkan dalam kontak dan akan memulai replikasi dan menginfeksi diri menyerupai komponen yang banyak dari sistem operasi computer atau mungkin pula jaringan.
Saat ini, banyak perangkat lunak anti-virus juga menyediakan utilitas spyware dan adware scanning dan penghapusan. Beberapa program, yang sebagaimana, difokuskan untuk  menghapus atau menghancurkan program spyware dan adware. Apakah  perangkat lunak anti-virus atau anti-spyware scanner berdedikasi, mereka menelusuri komputer dan mengidentifikasi setiap spyware dan virus terinstal di sistem anda.
Mereka kemudian menghapusnya
beserta komponen mereka yang berlokasi di sistem registry yang berada di tempat-tempat lain di komputer Anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk terus memperbaharui anti virus dan selalu pemindai spyware untuk memastikan bahwa komputer anda terlindungi dari ribuan spyware dan virus di internet. Jangan tertipu dari iklan yang mengklaim bahwa produk mereka hanya mengandung adware.
I
tu mungkin adware dan spyware yang secara terselubung hanya menunggu akan dikerahkan bagi mereka untuk mengumpulkan informasi Anda. Belajarlah untuk sistem firewall setup dan selalu memblokir pop-up blocker untuk meminimalkan infeksi komputer dan menjamin keamanan semua file komputer Anda.
Semoga posting ini dapat membantu demi pengamanan computer beserta systemnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar