Minggu, 04 Desember 2011

DROPBOX, Bank untuk Data.


Menyimpan data-data di internet, yang dikenal pula sebagai backup file secara online bisa  dilakukan menggunakan berbagai layanan file hosting online, dengan cara  gratis maupun dengan layanan yang berbayar.  Salah satu tempat penyimpanan file online (online backup) yang terbilang cukup bagus, adalah layanan dari Dropbox. Selain tempat backup online pribadi dapat pula dibagikan dengan rekan kita, juga dapat disinkronisasikan dengan tempat penyimpanan di komputer lokal maupun di akun Dropbox kita yang lainnya.
Pada saat menggunakan layanan online backup dari Dropbox tersebut , tidak harus membawa USB flashdisk (UFD) guna memindahkan data dari laptop/komputer ke komputer ditempat kerja/ kantor. Lagipula akan lebih leluasa mengedit file tersebut kapan dan atau di mana-pun, dikarenakan  antara dokumen di komputer kantor dan komputer di rumah ataupun di laptop kita akan selalu sinkron ketika ada koneksi internet dan untuk meng-aksesnya dapat pula secara ofline. Demikian pula untuk pengguna perangkat mobile seperti Android, Iphod, dan yang lainnya dapat pula menggunakan Dropbox sebagai penyimpanan data-data cadangan secara online.
Banyak manfaatnya apabila menggunakan Dropbox sebagai media penyimpanan online, diantaranya:
Gratis ruang penyimpanan 2 GB dan dapat bertambah jika di-Upgrade dan atau ada yang mendaftar melalui Referral yang kita buat.
Data-data tersebut dapat sinkron setiap-saat ketika ada koneksi internet (file sync).
Dapat dibagikan dengan orang lain untuk didownload (file sharing) apabila diletakkan pada folder Publik atau umum. Dan URL filenya akan tetap walaupun isi file sudah kita perbaharui, serta dapat didownload disini.
Upload file dilaksanakan dengan akun kita melalui website Dropbox ataupun menggunakan aplikasi Dropbox yang telah di-install di komputer. Aplikasi Dropbox selalu melakukan sinkronisasi file secara otomatis.
File dapat dilihat dari website Dropbox dengan aman sewaktu berada di tempat tersebut dikarenakan Dropbox menggunakan sistem enkripsi data, terkecuali pabila folder penyimpananya kita Share/bagi dengan rekan yang lain.
Bebas terhadap layanan iklan yang mengganggu.
Panduan Penggunaan Dropbox:
Pertama mendaftarkan terlebih dahulu melalui Website Dropbox dengan menggunakan email Anda.
Download dan install aplikasi Dropbox kedalam komputer Anda.
Kemudian melakukan login dari website Dropbox atau jika ingin langsung sinkron, silakan login melalui aplikasi Dropbox yang terdapat pada komputer Anda.
Kemudian  atur letak folder Dropbox di computer Anda.
Jika meng-inginkan supaya rekan kita bisa mendownload file tersebut, tempatkan file pada folder “Public”, dan klik kanan serta salin, pabila ingin menyimpan URL file tersebut (sewaktu terkoneksi dengan internet).
Data-data yang ada di Dropbox dapat pula di-share-kan dengan akun orang lain atau ke akun kita yang lain, sehingga data akan tersimpan bukan saja di akun kita tapi di tempat lain, dengan cara melalui menu “Share a Folder” pada websitenya, atau “Share This Folder” pada menu klik kanan di folder My Dropbox dalam komputer Anda.
Manfaatkan sarana yang Gratis dan mudah ini, semoga berguna dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar