Sabtu, 17 April 2010

GURU YANG TERBAIK ADALAH PENGALAMAN.

Seorang operator mesin produksi menggunakan control CNC, telah bekerja dengan mesin tersebut lebih dari 16 thn. Pada awal akan ditempatkan sebagai operator mesin tersebut, di-training terlebih dahulu ; bagaimana mesin tersebut dioperasikan, termasuk memmbuat programnya, jenis pekerjaannya dan lengkap spesifikasi material pekerjaan yang akan dikerjakan, prosedur pengerjaannya.

Tidak ketinggalan penjelasan hal hal yang boleh dilakukan dan yang tidak. Secara teori dan praktek, untuk pemula sangat mencukupi. Dalam pelaksanaannya, semakin lama masa kerjanya, semakin banyak perkerjaannya, demikian pula banyak ragam dan jenisnya. Ilmu didapatkan semasa training, terasa semakin berkurang yang dapat mejadi pedoman pengerjaannya. Untuk mengatasi masalah dihadapi, selain diadakan re-training, operator tersebut ber-inisiatip membuat dokumntasi [semacam catatan kaki ] yang terdiri dari; program programnya, masalah yang terjadi selama proses pengerjaannya.
 Dengan adanya catatan catatan itu, metode metode yang mempunyai kesamaan perlakuan pengerjaannya, menjadi bermanfaat dalam mengerjakan pekerjaan pekerjaan yang selanjutnya. Cara cara seperti itu, sesungguhnya banyak diterapkan oleh operator operator pada profesi yang berbeda beda. Dokumentasi /catatan tersebut kalau di publikasikan, dapat dimanfaatkan baik buat dirinya sendiri maupun untuk generasi generasi selanjutnya. Pemahamannya; Guru yang terbaik adalah pengalaman.
 Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dari pemaparan diatas didapat, sesungguhnya Pelajar pelajar, Mahasiswa mahasiswa, Pendidik pendidik di semua tingkatan, sesungguhnya juga belajar dari pengalaman orang lain maupun dari dirinya sendiri. Mudah mudahan Posting ini ada manfaatnya.   

INDONESIA, Jawa Barat, Cimahi,                                                                                                                    Rosmadi bin Achman.                                                     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar